MUTIARA LOMBOK

Sekarbela , Mataram Lombok NTB Nusa Tenggara Barat, sebagai sentra kerajinan mutiara lombok, Sejak lama daerah ini menjadi pusat perdagangan perhiasan , emas perak dll, dan setelah komoditi budidaya mutiara di lombok semakin maju maka daerah ini tidak hanya menjadi sentra kerajianan emas dan perak saja tetapi telah menjadi sentra kerajinan perhiasan mutiara.

Mutiara air tawar yang dijual di lombok bukan dibudidaya dilombok , Budidaya mutiara dilombok hanya mutiara air laut atau dikenal dengan "South Sea Pearl" dan mutiara air laut Lombok konon yang terbaik didunia , memang south sea pearl tidak hanya dilombok namun mutiara tersebut hidup atau dibudidayakan dilaut selatan , Australia juga tercatat sebagai penghasil budi daya mutiara jenis ini, mutiara mutira yang dihasilkan dilaut selatan ini terkenal karena texture dari mutiara mutiara tersebut yang kesusu-susuan atau creamy , yang terkenal dari mutiara - mutiara tersebut ialah mutiara yang berwarna keemasan  sehingga mutiara - mutiara tersebut terkenal dengan Golden south sea pearl.

Lantas dari mana asal mutiara air tawar yang ada ? menurut artikel-artikel yang ada diinternet , disebutkan bahwa mutiara air tawar didunia yang pertama kali dikembangkan di amerika, kemudian Cina dapat membudi dayakan mutiara - mutiara tersebut , dan sekarang Cina tercatat sebagai produsen mutiara air tawar terbesar didunia.


budidaya mutiara air tawar di Cina sudah merupakan budi daya mutiara terbesar didunia, anda dapat melihat bagaimana budidaya mutiara tersebut dengan mencari melalui search engine google atau yahoo , dengan kata kunci fresh water pearl , maka akan anda dapatkan situs-situs yang menampilkan mutiara -mutiara tersebut, seperti yang anda lihat gambar diatas mutiara air tawar dapat memproduksi banyak mutiara dalam satu cangkang kerang mutiara tawar, hal ini tidak terjadi pada budi daya mutiara air laut, kalau mutiara air laut satu cangkang kerang isinya cuma satu mutiara.

Walaupun asal muasal mutiara terlahir dari kerang air laut, kerang air tawar yang hidup dikolam, danau dan sungai,juga bisa menghasilkan mutiara.Cina sudah memanen mutiara airtawar dibentuk mabe sejak abad ke13, dan sekarang sudah memimpin dunia yang takterbantahkan dalam memproduksi mutiara airtawar.Dalam sejarah Mutiara airtawar mengatakan bahwa pertama diCina dari 2206 BCAmerika Serikat juga menghasilkan mutiara airtawar, dari abad ke19, sampai memanem dan meningkat secara signifikan dan pencemaran mengurangi jumlah kerang yang memproduksi mutiara yang ada di AS Mutiara tawar yang dijual di Lombok


Bukanlah produk lokal Lombok, karena tidak ada pembudidayaan mutiara tawar di lombok, yang ada pembudidayaan mutiara laut atau South Sea Pearl dari jenis kerang"Pinctada Maxima" dan kebanyakan yang berjenis Yellow,white lipsLantas dari mana datangnya mutiara tawar yang dilombok, terus terangkamipun tidak tahu persis asalnya dari mana,kemungkinan dari cina karena sekarang ini Cina tercatat sebagai produsen mutiara air tawar terbesar didunia
Perbedaan Mutiara tawarSecara umum dikatakan, mutiara tawar tidak sebulat seperti mutiara airlaut, dan mereka tidak mempunyai kilauan-kilauan tajam sama seperti mutiara akoya (mutiara air laut tapi beda dengan south sea pearl).Tetapi, mereka muncul dengan aneka bentuk dan warna alami, dan mereka cenderung lebih murah dibanding dengan mutiara air asin,membuat mereka sangat populer dikalangan perancang perhiasan muda.Juga, karena mutiara tawar mempunyai kepadatan nacre, mereka juga cukup awet, tahan pecah.

Dikutib dari www.pearl-guide.com penjelasan lebih lanjut klik disini

Apa itu Mutiara Mabe?
Mutiara Mabe adalah mutiara mempunyai bentuk belahan yang menempel didalam kulit dalam kerang atau diantara kulit kerang dengan jaringan tubuh kerang. Mutiara mabe se-sekali terbentuk secara alami

Mutiara Mabe adalah mutiara hasil budidaya setengah bulat dengan menanamkan "nucleus" atau inti mutiara berbentuk setengah bola yang ditanam disisi dalam kerang / tiram, diantara tubuh tiram dengan cangkangnya.
Mutiara Mabe ditanam dengan menempelkan belahan nucleus (inti mutiara)dari bahan fiber diantara tubuh/daging dengan rumah/ cangkang seekor kerang
, Lama kelamaan inti ditutupi dengan nacre dalam jumlah mencukupi, setelah lama dan jadi , mutiara dipotong dipidahkan dari dalam kerang , butirannya diambil keluar, dan bagian luarnya dipotong dari cangkangnya. Mutiara Mabe kadang-kadang disebut sebagai mutiara lepuh . 

Kerang mabe dapat dijadikan perhiasan dengan nilai seni dan komersial yang tinggi karena keaneka ragaman bentuk dan warna , dilombok sudah ada beberapa pengrajin perhiasan mutiara mabe yang telah diakui keindahanya baik dalam negeri sendiri maupun luar negeri.



Monel
Monel biasa disebut juga baja putih, monel juga lebih bersahabat dengan kulit sensitif.Monel tidak akan berubah warna ataupun berkarat,walaupun sering kena air
bahkan dari pengalaman pribadi lama kelamaan setelah sering dipakai warnanya akan menjadi semakin cling.

Lalu apa persamaan dan perbedaan dengan stainless

  • sama2 tidak akan menghitam dan tidak akan berkarat
  • hanya saja stainless lebih lunak dibanding monel
  • diawal memang warna stainless lebih mengkilap dan lebih kemilau dibanding monel hanya saja jika sering terkena air dan juga seiring waktu warna kemilaunya akan memburam
  • berkebalikan dengan monel
Monel karna merupakan produk handmade dikerjakan oleh para pengrajin monel kadang kala ada bekas tempaan,but dont worry mudah skali kok menghilangkan warna hitam bekas tempaan itu,tinggal rendam aja aksesoris monelmu kedalam sprite (ini hanya berlaku untuk aksesoris yang full monel ya jangan yang ada swarovski,mutiara air tawar,mutiara sintetis main redem aja)

Tips Mutiara Lombok
Cara sederhana untuk mengetahui keaslian Mutiara
  1. Digosok dipermukaan kaca
    Mutiara asli tidak akan lecet / cacat tapi akan meninggalkan bekas seperti kapur dipermukaan kaca tersebut, sebaliknya Mutiara palsu akan lecet / terkelupas.
  2. Digosok pada gigi bagian luar
    Mutiara asli akan terasa pasir / kasar, sedangkan Mutiara palsu akan terasa licin.
  3. Dengan cara dibakar
    Cara ini merupakan alternatif jika kedua cara diatas masih belum meyakinkan , jika dibakar dalam waktu yang tidak terlalu lama, Mutiara asli tidak akan terbakar sedangkan Mutiara palsu akan meleleh karena berasal dari bahan plastik.
  4. Dengan melihat bentuk dan warna
    Mutiara asli memiliki bentuk bulat, oval & bentuk yang tidak beraturan ( Baroque) serta memiliki warna yang natural. Sedangkan Mutiara palsu identik berbentuk bulat dengan warna yang variatif dan memiliki permukaan licin, bercahaya dan memiliki berat yang ringan.
Cara perawatan
  • Hindarkan Mutiara dari bahan kimia yang mengandung alkohol, seperti parfum karena akan berpengaruh pada sinar / cahaya Mutiara dan kerusakan pada kulit mutiara
  • Bersihkan dengan sabun lembut / sabun bayi dan air biasa dan gosok dengan kain yang lembut, frekuensinya tergantung dari sering tidaknya Mutiara / perhiasan tersebut dipakai.
  • Simpanlah dikotak penyimpanan (save deposit box)

 

bagaimana merawat yang bukan monel atau metal biasa
pastikan tidak disimpan ditempat terbuka yang sering terkena udara dan AC ya my prenz karna warnanya akan berubah menghitam.
Simpan didalam wadah tertutup,karna metal atau baja biasa musuhnya tidak hanya air dan parfum tapi juga udara
ini pengalaman pribadi aku yang gemar mengoleksi kalung, waktu dulu belum mengenal monel, aq pakai baja biasa my prenz n kalung2nya hanya aku simpan digantung2 di gantungan dari kayu (lucu deh tempat kalungku,dibikin khusus ni ditukang kayu hehe ^^), nah setelah hampir setaun ternyata rantai2 dan kawat2nya berubah jadi buram2 menghitam gtu padahal sama skali tak pernah tersentuh air maupun parfum
ihiks33 T-T.
Untuk metal bead, dan bahan metal biasa lainnya bisa juga loh agar lebih awetnya diolesin kuteks bening dulu
. di kutip dr http://mutiaracantik.multiply.com/journal/item/24

Tips Cara Merawat Perak yang Benar

  • Laplah sesering mungkin perhiasan perak Anda. Gunakan lap dan bahan abrasive seperti autosol yang banyak dijual di supermarket atau sering di bengkel sepeda motor. Lap gunakan yang lembut dan bagus dari kaos bekas bahan cotton atau katun yang sudah sering dicuci. Kapas juga bisa namun menggosoknya jadi agak sulit.
  • Simpan dalam tas kain sebelum masuk lemari atau tas kulit. Kalau ada silica gel yang mudah didapat di supermarket juga sangat bagus. Tempat lain yang aman adalah kotak kertas, plastic dan logam.
  • Kalau perak Anda sudah terlalu gores dan Anda tidak keberatan untuk sedikit susut gunakanlah amplas no. 1000 kalau sudah halus gunakan amplas no 2000 sampai halus boleh sekali-sekali celup di air. Kalau dirasa sudah cukup halus, pakai saja autosol tadi untuk membuat cling lagi. Kalau belum cling artinya amplasan kurang. Ini disebut polishing. Cara ini tidak bisa dilakukan untuk barang-barang yang disepuh karena menyebabkan lapisan sepuh hilang.

 Model dari mutiara Air tawar yang telah di sisipkan pada suatu media, seperti cincin, kalung, gelang, anting dan bros..dan lainnya seperti untaian pearl dan kreasi mutiara yang di jadikan Tasbih.
for example :
  • cincin monel mutiara Air tawar  dan cincin emas mutiara air laut :











kalung monel mutiara air tawar 


gelang monel mutiara air tawar



bross monel mutiara mu air tawar
 

tasbih 

anting-anting monel mutiara air tawar



jika anda berminat, anda bisa mengunjungi situs www.toko-mutiara.com untuk pemesanan (sxan promosi nich tokox...)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

INDAHNYA HUSNUL KHOTIMAH ( Sukses di Detik Akhir Kehidupan )

Renungan & Ketakutanku

Sukses dalam Dunia dan Akhirat