WISATA LOMBOK (The sister of Bali Island)

Kemanakah tujuan Anda, jika mempunyai kesempatan berkunjung ke pulau Lombok? Bila Anda belum mempunyai tujuan yang pasti, hanya dengan memiliki waktu 2 (dua) hari bisa mengunjungi seluruh daerah pariwisata di Lombok, tentunya tanpa mendaki gunung Rinjani atau menginap di pulau Gili Trawangan dan gili lainnya.

 Mataram
Mataram adalah ibu kota propinsi Nusa Tenggara Barat. Sedangkan Ampenan merupakan kota pelabuhan lama (sekarang sudah pindah ke Lembar). Kota Ampenan berciri khas arsitektur kuno, yang bila dibersihkan dan dirawat dengan baik, akan menjadi daerah tujuan wisata yang digemari. Di kota Mataram (yang sudah menjadi satu kesatuan dengan kota Ampenan dan kota Cakranegara) kita bisa wisata kuliner, dengan makan makanan Lombok yang ciri khasnya adalah pedas. Makanan khas Lombok, antara lain: Plecing kangkung, ayam plecingan, ayam julat (ayam yang bumbunya pedas sekali), sambel beberok. Plecing ternyata merupakan nama masakan, sehingga dikenal masakan kangkung yang diberi /dimasak bumbu plecing, ayam yang dimasak plecing (ayam diberi bumbu pedas, didiamkan, dibakar/digoreng, kemudian diberi bumbu pedas lagi). Sambel beberok adalah sambel yang dibuat dari irisan terong ungu, irisan bawang merah, irisan tomat dan cabe, disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya. Minuman yang khas adalah kelapa madu, terdiri dari air kepala muda, dan kelapa mudanya di suwir-suwir serta diberi madu…ehhm…sedaaap. Untuk membeli oleh-oleh kain tenun khas Lombok, bisa di Cilinaya Shopping Centre.

Cakranegara. Merupakan kota bisnis, terdapat pasar pertanian, pasar burung, dan mata air Mayura serta pura Meru, pura terbesar di Lombok. Cakranegara konon dulunya merupakan bekas kerajaan, namun bekas kerajaan (situs) sudah tak bisa dikenali. Jika ingin oleh-oleh makanan, maka bisa membeli kaki ayam goreng(Ceker) , telur asin dan berbagai manisan dari rumput laut.

Catatan : Perjalanan ke kota Mataram, bisa ditempuh menggunakan pesawat terbang dari Jakarta. Jarak tempuh 4 jam jika transit di Yogya atau Surabaya, tapi bila langsung (penerbangan Garuda siang hari dari bandara Soekarno Hatta) hanya ditempuh dalam waktu 1 jam 30 menit.

Di bawah ini akan saya sampaikan beberapa daerah yang layak untuk anda kunjungi :
Saya akan memulainya dari jalur Ampenan (kota tua , bekas Zaman Belanda), kota ini dekat dengan Bandara Udara Selaparang tidak memakan waktu berjam-jam, hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk menuju kota tua ini. dari kota Ampenan, anda bisa menuju lokasi wisata Senggigi yang sebelumnya kita akan melewati Bau bolong, tempat persembahyangan bagi umat  Hindu .

Batu Bolong
Batu Bolong. Terdapat pura diatas batu karang yang menjorok ke laut, dan jika cuaca cerah bisa melihat gunung Agung di pulau Bali, serta bagus untuk melihat pemandangan saat sunset. Lokasi 8 km dengan kendaraan dari kota Mataram. Untuk memasuki area, maka kita diwajibkan memakai pita kuning dari kain (dapat menyewa di lokasi), dalam bahasa Balinya "Senteng" yang dipasang melingkari pinggang. Pemandangan disini indah sekali, air laut menerobos melalui sela-sela batu karang yang berlubang, menimbulkan bunyi gemerosak.  ini foto diambil saat cuaca tidak mendukung, tetapi Matahari mengintip di sela-sela awan, dan cahayanya jatuh terpantul di air laut.


Pantai Senggigi 
Adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah ditengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis. Pantai alam berpasir putih yang bersih, dikelilingi hotel, losmen dan bungalow. Sangat indah sekali, terutama jika waktu sunrise maupun sunset. Lokasi 10 km dengan kendaraan dari kota Mataram. Di pantai banyak penjaja cinderamata, berupa mutiara budidaya air tawar yang berwarna warni, mulai dari harga Rp.25.000,- Juga penjaja kaos bertuliskan Lombok dan Senggigi, serta ukiran khas Lombok pada kayu, bisa berupa tempat buah, topeng dll.


Dari pantai senggigi, kita bisa menuju pantai kerandangan yang terletak tidak jauh dari pantai senggigi dan adapula tempat wisata setelah pantai kerandangan yang dinamakan Pesona Bukit Malimbu.




Setelah itu, jika anda ingin bisa melanjutkan perjalanan dengan menelusuri jalur ini untuk ke bangsal, yaitu tempat dimana akan menuju Gili Bersaudara.

Taman Mayura
Kita kembali lagi , ada tempat wisata yang dinamakan Taman mayura. yang berlokasi di Cakranegara. Taman ini konon ceritanya di sana dulunya buat menghukum para napi. Jadi setelah disidang dan terbukti bersalah. Para napi tersebut langsung dicemplungin ke kolam penuh ular.. Hiiy serem (Katanya sich...I jg belum tau kisah prasejarah ini).


Taman Narmada 
Adalah Taman wisata Air yang merupakan tempat pariwisata ke 2 setelah senggigi. dalam taman ini mengalir air dari mata air bening dan sangat dingin bagaikan es, kolam yang dijadikan tempat pemandian pun merupakan air yang alami, yang mengalir dari mata airnya langsung. Taman ini juga merupakan peninggalan kerajaan yang masih dilestarikan hingga kini.


Taman Suranadi
Di sini ada hotel lengkap dengan kolam renang air hangat dan lapangan tennis. Juga ada pura Hindu tertua, berlokasi 17 km jika naik kendaraan dari kota Mataram.
berlokasi setelah kita melewati Taman Narmada dan tidak jauh dari taman narmada.


Pantai Kuta Lombok
Perjalanan ke Pantai Kuta dari Senggigi memakan waktu sekita 2.5 jam, melalui kota Mataram. Sebaiknya rencanakan dulu jam keberangkatan anda, termasuk di mana anda akan makan siang. Jika perlu, konsultasikan juga dengan petugas hotel atau supir taksi, tempat-tempat lain yang mungkin anda ingin kunjungi sekaligus.

Adalah tempat wisata di Pulau lombok , NTB.  Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan Upacara suku Sasak di desa ini. Ini adalah upacara adat yang dinamakan Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut dan cacing ini hanya muncul setahun sekali. pada saat upacara berlangsung. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak ingin mengecewakan para pangeran yang meminangnya,  dengan disaksikan oleh raja, para pangeran dan rakayatnya maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. untuk bertemu dengan rakyat yang ia cintai.  Sang putri yang telah terjun dengan menggunakan pakaian indah dan  perhiasan yang sangat berkilau itulah yang kemudian berwujud menjadi cacing Nyale tersebut dengan warna yang berkilauan.
di pantai ini ada juga penjual-penjual cendera mata yang akan menghampiri anda dan menawarkan dagangannya. Hati-hati dengan para penjual ini, mereka kadang agak memaksa untuk membeli, mungkin karena sangat jarang pengunjung dan tuntutan ekonomi.














Air Terjun Sendang Gile
Air terjun Sendang Gila berada tepat dibawah kaki gunung Rinjani. Salah satu gunung dengan puncak tertinggi di Indonesia. Lokasinya berada diDesa Senaru. Yaitu sebuah desa dibagian Utara Pulau Lombok. untuk menuju air terjun ini , akan menuruni anak tangga yang jumlahnya lumayan buat kaki pegel tapi sesampai dibawah kaki ga akan pegel karena indahnya air terjun yang terkadang dihiasi oleh pelangi yang berada pada genangan air terjun.


Gili Bersaudara
3 tempat ini paling digemari oleh tourism mancanegara, dimana tempat ini adalah tempat yang paling cocok untuk bersantai, para penduduknya pun tidak ingin tempat ini ada keributan yang akan mengganggu kenyamanan para turis tersebut, orang lokal pun banyak mengunjungi tempat ini . tetapi untuk mencapai daerah tersebut kita harus melalui bangsal yang bisa di tuju dari jalur senggigi maupun dari daerah Gunung sari .


Gili Trawangan



Gili Trawangan, pulau yang paling populer dari Gili's. Hanya membayar kembali dan menikmati matahari, malam pesta-pesta pantai dan laut. Jalur utama penuh dengan akomodasi, restoran, dan toko-toko menyelam. Jika Anda sedang mencari tempat yang lebih tenang untuk tinggal, ada bungalow di utara. Pulau ini juga dikenal sebagai "Party Island", di mana sebagian besar masih muda Eropa menemukan mereka "Lost In Paradise". Dengan pemandangan matahari terbit di atas Gunung Rinjani Lombok gunung berapi dan matahari terbenam yang menerangi hati yang menjulang Bali Gunung Agung volcano, bersama-sama dengan keramahtamahan warga Gili Trawangan, tidaklah mengejutkan bahwa akhirnya sebagian besar pengunjung tinggal lebih lama dari rencana semula. Snorkeling di lepas pantai, berjemur, berenang, atau bergabung setiap perjalanan menyelam dengan dive operator, yang berwarna garis. Ada kualitas sekolah menyelam tersedia untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, menawarkan rangkaian lengkap PADI kursus, serta Fun Dives bagi mereka yang sudah bersertifikat. Pada malam hari, di tepi laut menjadi hidup sebagai asing dan lokal berbagai restoran dan bar mulai menjalankan, dengan segar kakap, kerapu dan tuna, dimasak di atas arang api, mudah tersedia.

Gili Air
Gili Air adalah Gili terdekat ke Lombok. Hal ini juga yang paling penduduknya dan Anda akan menemukan lebih banyak pohon di sana daripada Gili yang lain. Penduduk setempat adalah: Sasak, Mandar, Bugis dan Makassar. Anda dapat menemukan budaya yang unik yang berbeda dari Lombok dan pantai indah. Banyak dari generasi tua masih mencari nafkah sebagai pengemudi perahu, nelayan dan petani kelapa. Hanya ada beberapa sejumlah hotel bintang 2-3 (kamar dengan AC, kolam renang, TV dll) di Gili Air. Sebagian besar tempat-tempat untuk makan dan tetap berada di selatan dan sisi timur pulau (dekat dermaga). Anda dapat menemukan banyak rumah tinggal atau anggaran akomodasi di pulau ini. Tidak banyak hal yang terjadi selama 3-5 tahun terakhir. Salah satu sekolah menyelam pertama (The Reef pencari) tidak lagi beroperasi dari Gili Air. Mereka telah pindah ke Flores. Kembali tamu adalah apa yang mereka harapkan untuk datang. Sebagian besar akomodasi yang dimiliki dan dikelola secara lokal, sedangkan beberapa pasar sampai hotel sendiri dan dikelola oleh investor asing. Anda dapat pergi dari satu pulau ke pulau lain dengan bergabung Gili Island's berharap perahu (berangkat dua kali sehari). Orang di sini lebih ramah daripada di Gili Trawangan. Ada juga beberapa tempat tinggal di utara dan selatan pantai barat dalam suasana tenang ..


Gili Meno
Gili Meno, pulau tengah, yang terkecil dari tiga Gili dan itu adalah yang paling tenang dengan sedikit wisatawan. A great escape untuk berbulan madu atau seseorang yang ingin melepaskan diri dari itu semua. Sebuah fitur khusus dari pulau ini adalah danau garam dan spektakuler menyelam situs seperti, Meno Wall, Sea Turtle Point, dan Blue Coral Point. Pantai di bagian timur pulau sangat bagus dan ada hanya snorkeling dan lepas pantai utara. Di masa lalu Meno dikenal memiliki banyak nyamuk, tetapi langkah-langkah telah diambil untuk mengendalikannya. Masih waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini selama musim kemarau. 


Taman Nasional Gunung Rinjani
Gunung ini memiliki kawah seluas 10 km lebih. Dengan ketinggian lebih dari 3.726mdpl, Gunung Rinjani kerap di jadikan tempat pendakian oleh para pecinta alam dari dalam dan luar negeri.
Ditengahnya terdapat danau “Segara Anak” yang akan tampak membiru seperti lautan kecil. Konon, katanya bila ada yang melihat danau terlihat luas berarti , si penglihat tadi akan di panjangkan umurnya dan bila danaunya terlihat sempit maka si penglihat tadi akan pendek umurnya. Hal-hal mistis seperti ini selalu saja ada di kalangan penduduk Indonesia. Percaya atau tidak, terserah anda.
Dinyatakan sebagai taman nasional oleh Menteri Kehutanan tahun 1990 dengan luas ± 41.330 ha. Secara administratif pemerintahan berada pada 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Lombok Barat, kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur, Propinsi Dati I Nusa Tenggara Barat.
 

Banyumulek
sebuah desa yang sebagian penduduknya memproduksi karya-karya kecil mereka seperti gerabah  untuk di pasarkan dan menjadi buah tangan untuk  sanak keluarga maupun kerabat, yang kini telah menjadi suatu khas dari lombok.


ini ada beberapa macam pic kuliner , jika anda berkunjung ke pulau Lombok.
sate bulayak : Anda bisa mendapatkannya di tempat tongkrongan (Jl. Udayana dekat dengan bandara selaparang, di pantai senggigi, Narmada dan Suranadi)

brbagai macam makanan yang tersedia


pelecing kangkung


 
 



 


sekian dulu ya pemaparan wisata n makanan khas nya , sebenarnya masih banyak lagi. lain waktu saya akan kupas kembali . terima kasih..... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mutiara Baroque

Renungan & Ketakutanku

Meraga Sukma